Saturday, September 13, 2014

DONTWAITUP menjalankan suatu perintah saat kondisi windows berubah [ubuntu]

Leave a Comment
DontWaitUp adalah aplikasi yang memungkinkan komputer menjalankan suatu perintah seperti Shutdown, Restart, suspend, dll. saat kondisi windows berubah seperti tertutup(closed), berubah judul (Renamed), dan berubah ukurannya(Resized).



kebanyakan aplikasi kondisi windowsnya akan berubah saat tugas yang dijalankan berbeda,
misal aplikasi pemutar musik atau video, saat musik atau video berganti, maka judul dari windows aplikasi tersebut akan otomatis berganti pula menjadi judul dari musik atau video yang diputar, ini berarti saat musik berganti, maka kondisi windowspun berubah (dalam hal ini judul windows).
contoh lain misal pada aplikasi download manager, kebanyakan aplikasi download manager saat proses download telah selesai kondisi windowsnya akan berubah seperti ukuran windows atau judul windowsnya, sehingga aplikasi ini bisa mematikan komputer anda secara otomatis saat proses download telah selesai.

cara penggunaannya cukup mudah tinggal buka DontWaitUp,
disana langsung tersedia list aplikasi yang berjalan, seperti gambar dibawah ini


disini saya memilih aplikasi pemutar musik,
seperti yang anda lihat judul windows dari aplikasi pemutar musik saya adalah judul lagu yang sedang diputar, jadi apabila lagu berubah, maka judul windowsnya akan berubah.
tab "event" disini berarti pada saat kondisi seperti apa anda ingin menjalankan perintah,
disini saya memilih "Renamed" yang berarti pada saat judul windows berubah saya menjalankan perintah yang ada di tab "Action"


pilih perintah yang anda inginkan di tab "Action", disini saya memilih Shut Down, yang berarti saat lagu berubah maka komputer saya akan mati secara otomatis


lalu centang pada tab "Confirm"


saat kondisi telah berubah (lagu berubah) dan komputer akan mati, anda akan menerima notifikasi selama 10 detik bahwa komputer anda akan mati, disini anda bisa membatalkan perintah anda dengan klik "Abort"

anda bisa menginstall aplikasi ini lewat terminal ubuntu anda dengan memasukkan command dibawah ini

sudo add-apt-repository ppa:alessandro-blarco/ppa

sudo apt-get update

sudo apt-get install dontwaitup consolekit

0 comments:

Post a Comment