Monday, August 25, 2014

memperbaiki munculnya icon google chrome baru ketika dijalankan di unity launcher ubuntu (muncul 2 icon chrome)

Leave a Comment
normalnya, icon google chrome di unity ubuntu hanya satu, 
jadi jika anda sudah memasang icon google chrome di launcher ubuntu, apabila anda klik icon tersebut, akan terbuka google chrome melalui icon yang anda klik, seperti gambar dibawah


tapi ada hal yang tidak wajar terjadi pada saya beberapa hari lalu,
saya sudah memasang icon chrome di launcher ubuntu saya, tapi sewaktu saya mengklik icon tersebut, google chrome malah terbuka dengan icon google chrome yang baru (bukan icon google chrome yang saya klik) jadi sekarang saya memiliki 2 icon google chrome.

setelah saya mencari  askubuntu.com ternyata bukan hanya saya yang mengalami masalah ini, ada cukup banyak pertanyaan yang sama tentang ini,
dan disana saya menemukan solusinya

pada terminal anda masukkan command dibawah

rm $HOME/.local/share/applications/google-chrome-*.desktop 

lalu tekan enter
setelah itu, tutup semua aplikasi google chrome yang anda buka, 
kemudian jalankan kembali google chrome,
setelah itu anda tidak akan menemukan ada 2 icon di unity launcher ubuntu lagi.

dibawah adalah alasan yang saya temukan tentang masalah ini

"I suspect that file is created when Chrome navigates directly to a site upon launch. The google-chrome-*.desktop file gives Unity a different Name value for Google Chrome than that defined when the application was added to the launcher, so Unity launcher doesn't know it's the same application."

berikut laman dimana saya menemukan solusinya askubuntu

0 comments:

Post a Comment