Tuesday, May 12, 2015

NETHOGS Mengetahui Aplikasi yang Sedang Menggunakan Koneksi Internet di Ubuntu

Leave a Comment
Aplikasi System Monitor bawaan ubuntu bisa melihat penggunaan CPU, Memory dan Swap, dan penggunaan internet secara keseluruhan, untuk lebih spesifik kita dapat melihat penggunaan cpu, dan memory untuk tiap-tiap aplikasi, tapi tidak ada menu untuk melihat pemakaian internet untuk masing-masing aplikasi (bandwidth yang dipakai per aplikasi). 
Padahal menurut saya cukup penting kita dapat melihat bandwith yang dipakai untuk tiap-tiap aplikasi, misalnya kita membutuhkan internet yang cepat untuk mengakses suatu laman atau untuk mengerjakan sesuatu, tapi ternyata ada aplikasi lain yang sedang mengakses internet dan kita tidak tahu aplikasi apa itu, sehingga pekerjaan kita sedikit terganggu karena internet yang lambat, cukup membuat frustasi bukan?
Jika kita bisa mengetahui aplikasi mana yang sedang menggunakan internet, kita bisa mematikan aplikasi itu dahulu kemudian memfokuskan agar internet bisa digunakan secara maksimal untuk pekerjaan utama yang sedang kita lakukan.
Di ubuntu (dan derivate-nya) kita bisa menggunakan NetHogs untuk mengatasi masalah ini. Nethogs berjalan diterminal jadi jangan mengharap ada gui (tampilan) yang menarik seperti di System Monitor, tapi sangat cukup untuk mengatasi malasah diatas, dan perlu diingat NetHogs berjalan secara "RealTime".



Pertama anda perlu menginstallnya NetHogs terlebih dahulu dengan menggunakan command :

sudo apt-get install nethogs
setelah berhasil terinstall anda bisa menjalankan aplikasi ini dengan perintah :

sudo nethogs wlan0
pada perintah terakhir diatas saya menggunakan "wlan0" ini bisa berbeda, bisa "eth0", "eth1", "wlan0", atau "wlan1", bisa anda cek dengan menggunakan perintah :

ifconfig
akan muncul seperti dibawah ini


gunakan yang saya lingkari kuning.

setelah anda menjalankan NetHogs dengan benar akan muncul seperti dibawah ini


akan muncul informasi PID dari aplikasi, informasi User, program, koneksi, dan kecepatan dowload, upload yang dipakai per aplikasi. 
setelah anda mengetahu PID dari aplikasi yang menggunakan internet, jika anda tidak mengetahui pasti atau untuk memastikan aplikasi apa itu, buka System Monitor pada tab processes anda bisa melihat aplikasi berdasarkan PID, 
misal dari contoh diatas saya ingin mengetahu aplikasi dengan PID 2533 dan 2425.

untuk PID 2533, lihat pada System Monitor pada tab Processes bagian ID, cari 2533


ternyata aplikasi dengan PID 2533 adalah chrome

untuk PID 2425

ternyata aplikasi dengan PID 2425 adalah dropbox.

dari sini anda bisa mematikan aplikasi tersebut dengan klik End Process yang ada di pojok kanan bawah System Monitor, atau dengan command :

kill PID
ganti "PID" dengan PID/ID dari aplikasi yang ingin anda matikan.

untuk dapat melihat semua fitur dan perintah di NetHogs gunakan command :

sudo nethogs -h
akan muncul seperti dibawah


misal untuk mengubah waktu refreshnya menjadi 5 detik sekali (secara default 1 detik sekali), gunakan command :

sudo nethogs -d5 wlan0
sekali lagi "wlan0" bisa berbeda-beda.

Sekian tentang NetHogs, jika ada tanggapan atau pertanyaan silahkan komen dibawah.


0 comments:

Post a Comment