Saturday, September 6, 2014

Mengganti user password ubuntu melalui terminal

Leave a Comment
untuk mengganti password user sebenarnya bisa anda lakukan melalui system settings ubuntu,
tapi berdasarkan pengalaman saya, menurut saya agak sulit untuk menentukan password baru melalui cara tersebut karena password anda harus memenuhi beberapa persyaratan,
dibawah ini, saya mencoba memasukkan password baru melalui system settings ubuntu, seperti yang bisa anda lihat tombol Change tidak tersedia (tidak bisa di klik), yang berarti password belum memenuhi


dengan password yang sama, saya mencoba merubah password melalui terminal ubuntu,
untuk mengganti password melalui terminal, silahkan anda masukkan command dibawah ke terminal anda

sudo passwd USERNAME 

lalu tekan ENTER
USERNAME disini adalah USERNAME ubuntu anda yang bisa anda lihat di pilihan pojok kanan atas ubuntu anda seperti gambar dibawah ini,
seperti yang bisa anda lihat username ubuntu saya adalah "fikriarroisi"

 

setelah anda tekan ENTER,
masukkan password lama anda, kemudian tekan ENTER,
kemudian anda akan diminta untuk memasukkan password baru anda, tekan ENTER,
kemudian anda akan diminta lagi untuk mengulangi password baru anda, tekan ENTER,
apabila anda memasukkannya dengan benar akan muncul pesan bahwa password anda telah sukse diganti dengan password yang baru "passwd: password updated successfully
seperti gambar dibawah ini



bisa anda lihat, dengan password baru yang sama apabila cara melalui system settings ubuntu tidak bekerja, maka anda bisa mencoba melalui terminal ubuntu


0 comments:

Post a Comment