Tuesday, November 4, 2014

Memunculkan Indicator Dropbox di Wingpanel elementary OS (Luna)

Leave a Comment
yang terjadi pada saya adalah setelah saya menginstall Dropbox di elementary OS, walaupun proses penginstallan kelihatan berjalan lancar, tapi setelah proses selesai tidak muncul indicator dropbox di wingpanel saya, meskipun begitu dropbox tetap berjalan sebagai mana mestinya(berjalan normal), hanya minus indicator pada wingpanel.
untuk beberapa orang, termasuk saya hal ini cukup mengganggu karena walaupun kita bisa melihat apa yang dilakukan dropbox lewat terminal, tapi lebih mudah dan cepat lewat indicator panel tersebut.
Jika anda mengalami masalah yang sama dengan saya, silahkan coba langkah yang akan saya tunjukkan, cara ini berhasil untuk saya


pertama, edit/buat file .xsessionrc
masuk ke home folder terlebih dahulu,
kemudian klik kanan di area kosong lalu klik pada Show Hidden Files sampai ada tanda centang (jika belum) agar anda dapat melihat file yang dihidden, atau juga bisa dengan cara tekan CTRL+H di keyboard anda,
setelah itu cari file .xsessionrc jika ada, buka dengan scratch atau aplikasi edit text lain seperti gedit atau yang lainnya, jika belum ada buat file .xsessionrc dengan cara klik kanan di area kosong lalu pilih Create New File lalu pilih Empty File, lalu ganti nama file kosong tersebut dengan .xsessionrc.
setelah itu buka file .xsessionrc dengan Scratch atau aplikasi edit text lainnya, copy text dibawah ini

export DROPBOX_USE_LIBAPPINDICATOR=1

kemudian paste di file .xsessionrc, lalu save dan close Scratch.

kedua
buka terminal, kemudian masukkan command dibawah ini ke terminal anda

cd 
dropbox stop
rm .dropbox-dist 
rm -R .dropbox-dist 
sudo rm -R /usr/bin/.dropbox-dist/ 
sudo rm -R /var/lib/dropbox/.dropbox-dist 
dropbox start -i

masukkan satu persatu command diatas keterminal anda (line per line).
tidak masalah jika di terminal anda nanti muncul pesan error bahwa gagal menghapus file yang tidak ada (didn't exists).
apabila anda sudah memasukkan semua command diatas, maka dropbox akan melakukan reinstall,
setelah reinstall selesai, silahkan anda logout, pada saat anda login kembali seharusnya indicator Dropbox sudah muncul di wingpanel anda, semoga berhasil.

0 comments:

Post a Comment