Thursday, July 23, 2015

Menggunakan Aliases Untuk Membuat Custom Command di Terminal

Leave a Comment
Aliases memungkinkan anda untuk membuat sendiri command di terminal anda atau dengan kata lain mengganti command yang sudah ada dengan command buatan anda sendiri.
Aliases akan mempermudah anda untuk mengingat atau menggunakan sebuah command di terminal yang sering anda gunakan, juga dapat mempersingkat waktu karena tidak jarang command-command di terminal panjang dan agak sulit untuk diketik, dengan aliases anda dapat merubahnya menjadi lebih pendek dan mudah untuk anda, berikut cara menggunakan aliases.

pertama di home direktori anda (~/) buat file baru bernama ".bash_aliases" (tanpa tanda petik dua)
kurang lebih seperti gambar dibawah ini


perlu diingat awalan nama file adalah titik (.) sehingga perlu unhidden file terlebih dahulu (CTRL+H) agar file dapat terlihat.
setelah itu buka file yang baru anda buat dengan text editor apapun favorit anda, dan anda bisa mulai untuk membuat aliases.
syntax untuk membuat alias adalah sebagai berikut

alias nama_alias='command_terminal'
alias adalah keyword yang harus ada untuk membuat aliases.
nama_alias adalah nama alias yang akan anda gunakan, anda bisa merubahnya dengan apapun sesuka anda, hal yang perlu diingat adalah dalam penamaan alias, anda tidak bisa menggunakan kata yang dipisah menggunakan sepasi gunakanlah satu kata atau gunakan penghungung (-) atau ( _ ) jika anda ingin memisah kata.  
command_terminal adalah command terminal yang akan anda rubah/panggil menjadi nama_alias, command_terminal harus ada diantara tanda petik tunggal (').
Hal lain yang perlu diingat adalah jangan pisah tanda sama dengan (=) dengan sepasi atau apapun tanda (=) harus menjadi satu dengan nama_alias dan command_terminal, jika tidak anda akan mendapat error semacam ini di terminal anda


misal saya ingin membuat aliases untuk command mematikan komputer melalui terminal, command untuk mematikan komputer dari terminal adalah

sudo shutdown -h now
command diatas akan saya buat aliasnya dengan nama custom_shutdown, sehingga saya akan mengetikkan seperti ini di file .bash_aliases saya

alias custom_shutdown='sudo shutdown -h now'
seperti gambar dibawah


kemudian save file tersebut.
Dan sekarang untuk mematikan komputer melalui terminal, saya hanya tinggal mengetikkan custom_shutdown dari pada command aslinya di terminal.


sekian penggunaan aliases untuk membuat custom command sendiri di terminal anda.

Silahkan komen jika ada pertanyaan atau tanggapan tentang post ini.

0 comments:

Post a Comment